Tips melakukan pencarian pake Google

Tips melakukan pencarian pake Google

Pasti udah sering pake Google kan ? udah pernah masuk advanced search atau belajar tips-tipsnya ? Mungkin banyak yang belon tau. Sekarang aku mau cerita dikit neh..

1. tanda kutip (”) untuk cari frase
Kalo misalnya kita ketikkan kata [makanan enak di bandung], google akan mencari halaman web yang terdiri dari kata makanan atau enak atau bandung. kalo kita tulis [”makanan enak di bandung”] dia akan mencari halaman yang ada makanan dan enak dan bandung.
2. tanda tambah (+)
cara lain yang hasilnya sama dengan tips nomer satu adalah dengan menggunakan tanda plus. [makanan+enak+bandung]
3. tanda kurang (-) untuk exclude
wah nerjemahin exclude ke bahasa indonesia susah. Pokoknya kalo tanda plus untuk menambahkan, tanda minus untuk mengurangi. kalo kita mau cari halaman web yang pake kata cewek tapi gak pake cakep. kita bisa nulis [cewek -cakep]. Nanti google akan memberikan halaman yang isinya cuman kata-kata cewek doang. tanpa cakep.

Sekarang coba tebak.. kenapa gw nulis gini [cewe cantik -nomer]. sebabnya banyak orang jualan nomer cantik. padahal gw gak pengen nomer. pengennya cewek. hehehe…

4. tanda bintang (*)

Istilahnya wildcard yang bisa digantiin oleh apa aja. Misal : [dari * untuk *] akan mengembalikan hasil : dari rakyat untuk rakyat, dari ibu untuk anak, dari bapak untuk istri, dll.

5. site:command

Gunanya untuk mencari halaman web di situs tertentu. misalnya gini: [mobil murah site:detik.com], google akan mencari ke situs detik.com dan mencari halaman yang ada kata mobil dan murah. Cara lain: [desain web :co.id] akan mencari seluruh halaman yang ada tulisan desain webnya di situs semua situs yang domainnya .co.id termasuk gajah.co.id atau apalah.co.id.

6. operator

selain operator nomer lima, google juga menyediakan operator-operator lain :

filetype: ->untuk mencari file dengan ekstensi tertentu. Misalnya filetype:ppt, filetype:doc, filetype:pdf, dll.
intext: dan allintext: -> mencari kata kunci diantara tag </p>
pada halaman.
intitle: dan allintitle: -> kalo ini mencari kata kunci diantara tag-tag header seperti </h1>
inurl: dan allinurl: -> mencari kata kunci di alamat website apa.apakatakunciapasaja.apasaja
author: mencari halaman dengan pengarang tertentu (hanya di google groups)
location: mencari halaman di daerah tertentu.
Makenya sama seperti tips nomer 1-5.

Misalnya si Andi besok harus ngajar pemrograman java padahal dia belon bikin presentasinya. jadinya dia mau cari power-pointnya di internet. dia nulis gini:
[”java programing” filetype:ppt]

Udah segitu aja dulu. kalo seneng kasih komentar ya. kalo gak seneng kasih komentar juga. hehehe….

~ oleh denasar pada September 16, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: